SEJARAH PAROKI ST.YUSUP BLITAR

Sejarah
Berawal di tahun 1927, saat itu baru dijumpai 7 orang pribumi yang beragama Katolik yang berasal dari Jawa Tengah.

Mgr. Theophile de Backere CM dan Pastor Jan Wolters CM datang untuk memelihara umat Katolik di Blitar. Waktu itu sudah ada sekolah HIS Yohanes Gabriel di Jalan Diponegoro 36, karena seringnya berkunjung ke Blitar maka di bagun sebuah pastoran di Jalan Diponegoro 40, sekarang menjadi pastoran paroki st. Yusup Blitar.

Pada awal tahun 1928 paroki Blitar resmi berdiri, sebagai pastor paroki adalah pastor A. Bastiaansen dan pastor Jan Wolter CM. Saat awal perayaan ekaristi di selenggarakan di aula asrama sekolah di jalan Dipnegoro 40, mayoritas umat yang hadir orang Belanda. Bertepatan dengan Hari Raya Paskah, tanggal 20 April 1930, dimulailah penamaan prasasti Gereja St. Yusup Blitar di portal gedung gereja. Peresmian dipimpin langsung oleh Mgr. Theophile de Backere CM. Kira-kira 1,5 tahun, tepatnya tanggal 18 April 1931 pembangunan Gereja selesai dan diberkati.

Berdasarkan data statistic pada tahun 2012, jumlah umat di paroki St. Yusup Blitar mencapai 6.800 jiwa.

Dalam perkembangannya Paroki St. Yusup Blitar dibagi menjadi 4 wilayah:

Wilayah A meliputi: Stasi Ngeni (stasi induk), Stasi Sumbersih, Stasi Ngadipuro, Stasi Lodoyo, Stasi Banyuurip, Stasi Kallidahu, Stasi Kaligambang dan Stasi Kalitengah.

Wilayah B meliputi: Stasi Slorok (stasi induk), Stasi Maria Fatima-Garum, Stasi Swarubuluroto, Stasi Kalikuning, Stasi Kampunganyar-Gambar, Stasi Nglegok, dan Stasi Modangan.

Wilayah C meliputi: Stasi Mojorejo (stasi induk), Stasi Wonorejo, Stasi Tugurejo, Stasi Bejirejo, Stasi Gondangtapen, Stasi Sidorejo-Gebluk, Stasi Mirigede, Stasi Sekargadung, dan Stasi Sumberjo.

Wilyah D adalah Wilayah kota dengan 5 wilayah: Wilayah Yustinus-Sanan Wetan, Wilayah Lukas-Kepanjen Kidul, Wilayah Agustinus-Kepanjen Lor, Wilayah Rafael-Gedog, Wilayah Paulus-Bendogerit dan Wilayah Petrus Kanisius, Kanigoro.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s